Setting Hp sebagai Modem Internet

Sangat membosankan sekali apabila dikosan tidak ada internet, setiap kali pengen ngenet harus cari kawasan yang ada hotspot-nya atau yang lebih parah lagi ngeluarin duit untuk mendapatkan informasi atau ilmu-ilmu yang ada di internet, sungguh pemborosan uang (Maklum mahasiswa 😀 ). akhirnya setelah Tanya-bertanya ke “Om Google”, akhirnya dapatlah setingan untuk memanfaatkan hp sebagai modem internet dengan menggunakan Operator yang murah meriah, apalagi ada yang gratis (Kesukaan mahasiswa selalu pengen yang GRATISAN). Lumayan lah kalau setiap hari dapat gratisan 1 MB. Lumayan besar untuk mencari artikel dan sekedar menyapa temen-temen yang lagi OL. Hueheee (MANTAP JAYA….)Peralatan yang perlu disiapkan, antara lain : (a). Hp + SIM Card, (b). Kabel data dan seperangkat komputer atau laptop.

Settingannya tidak terlalu sulit, layaknya seorang guru yang sedang mengajarkan muridnya, mari kita simak penjelasan dibawah ini. (:D)

1. Pastikan setingan GPRS di HP anda sudah siap digunakan, anda bisa coba masuk ke salah satu situs lewat HP anda apabila berhasil silahkan lanjut ke langkah 2. 🙂 )

Kalau masih belum bisa silahkan setting GPRS anda secara manual atau otomatis. Anda bisa lihat di situs-situs operator atau tanya pada “paman Google” untuk setting GPRS.

2. Hubungkan HP ke Komputer dengan kabel data, sampai Hp anda terdeteksi oleh komputer, serta install driver Hp anda. Jika Hp sudah terinstal dengan bener, maka klik

> Start
> Control Panel
> Phone and Modem Options
> Modem

Jika pada attacted to bernilai not present, maka Hp belum dikenali oleh komputer, silahkan cek lagi komunikasi atau driver yang telah anda install.

Jika pada attacted to bernilai com5 dst, itu bertanda bahwa komunikasi Hp dengan Komputer berjalan dengan lancar.

> Propertis –> Advance
Pada extra initialization commands : AT+CGDCONT=1,”IP”,”3GPRS”

> Ok

3. Pada Control Panel klik
> Network Connections
> Create a new connection –> Next
> Connect to the internet –> Next
> Set up my connection manually –> Next
> Connect using dial-up modem –> Next
> Isi 3GPRS pada ISP Name
> Pada Phone Number isi dengan *99***1#
> User Name : 3gprs
> Password : 3gprs
> Confirm Password : 3gprs
> Next –> Finish

sekian dulu ceramahnya… 🙂 )

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar